J2ME : Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana

Pada artikel kali ini, kita akan membuat sebuah aplikasi penjualan sederhana menggunakan dua TextField (sebagai penerima input) dan satu TextBox (sebagai output). Dan dalam pemrosesan tentunya akan menggunakan Command.

Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Jalankan Netbeans IDE, File –> New Project
  2. Pada dialog New Project, pilih kategori Java ME dan project Mobile Application. Selanjutnya klik tombol Next untuk melanjutkan proses pembuatan project Java ME.
  3. Masukkan nama aplikasi mobile sesuai yang Anda inginkan (contoh : AplikasiPenjualan). chekbox Create Hello MIDlet agar tidak di ceklis.  Untuk melanjutkan proses, klik tombol Next.
  4. Pilih platform Emulator, Device, Device Configuration dan Device Profile sesuai dengan target aplikasi mobile yang akan Anda bangun atau kalau masih belum tahu tentang itu pilih pengaturan Default saja. Untuk melanjutkan proses klik tombol Finish.
  5. Klik kanan pada project “AplikasiPenjualan″, pilih New -> MIDlet.
  6. Masukkan nama MIDlet dan nama kelasnya (contoh : AplikasiPenjualan). Tapi biasanya nama kelas akan mengikuti nama MIDlet. Klik tombol Finish jika telah selesai.
  7. Tuliskan kode dibawah ini

_____________________________________________________________

/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/

import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.midlet.MIDlet;

/**
* @author El-S@liK
*/
public class AplikasiPenjualan extends MIDlet implements CommandListener{
private Display display;
private TextBox textbox;
private TextField textHarga,textUang;
private Command ok,exit;
private int kembali;
private String pesan;

public AplikasiPenjualan() {
display = Display.getDisplay(this);
ok=new Command(“Bayar”,Command.SCREEN,1);
exit= new Command(“Keluar”, Command.SCREEN, 1);
}

private void startScreen(){
Form f = new Form (“Pembelian”);
textHarga=new TextField(“Inputkan Harga : “, “”, 12, TextField.ANY);
textUang=new  TextField(“Inputkan Uang  : “, “”, 12, TextField.ANY);
f.append(textHarga);
f.append(textUang);
f.addCommand(ok);
f.addCommand(exit);
f.setCommandListener(this);
display.setCurrent(f);
}
public void hitung(int uang, int harga){
kembali=uang-harga;
if (kembali>0){
pesan=”LUNAS -> Kembalian : “;
}else if (kembali<0){
pesan=”Anda masih hutang”;
}
textbox=new TextBox(“”, “”, 500, 0);
textbox.setString( pesan + kembali);
display.setCurrent(textbox);
}

public void startApp() {
startScreen();
}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public void commandAction(Command command, Displayable screen){
if  (command==exit){
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}else if (command==ok){
String vUang=textUang.getString();
String vHarga=textHarga.getString();
int uang=Integer.parseInt(vUang);
int harga=Integer.parseInt(vHarga);
hitung(uang, harga);
}
}
}
_____________________________________________________________

About these ads
This entry was posted in Java Micro Edition and tagged , . Bookmark the permalink.

5 Responses to J2ME : Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana

  1. Berguna kang buat belajar dan pemula jadi bisa di develop lagi, makasih kang source codenya :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s